Apa Yang Dimaksud Dengan Pesawat Bantu Diatas Kapal
PENGERTIAN PESAWAT BANTU
Pesawat Bantu adalah Seluruh pesawat yang ada diatas kapal baik yang berada diatas kapal deck maupun di dalam kamar mesin – mesin kecuali mesin induk yang fungsinya memperlancar pengoperasioan mesin induk dan operasi kapal secara perkesinambungan dengan aman dan selamat.
PEMBAGIAN PESAWAT BANTU
Dilihat dari fungsi
Pesawat yang membantu operasi kerja mesin induk. Antara lain :
1. Diesel generator yaitu :
Pesawat yang dapat menghasilkan tenaga listrik (sumber pembangkit listrik dikapal ) yang berfungsi untuk menjalankan generator sebagai penggerak pompa dan pesawat – pesawat baik lainnya
Jenis-jenis pembangkit listrik dikapal antara lain :
Diesel generator : generator yang digerakkan oleh motor diesel
Shaft Generator : generator yang digerakkan oleh motor Induk
Turbo generator : generator yang digerakkan oleh steam (Uap)
Fungsi Generator Di Kapal Sudah Di jelaskan pada artikel Sebelumnya :
Fungsi Generator Diatas Kapal
2. Air Compressor yaitu :
Pesawat yang dapat menghasilakan udara komposisi yang disamping di air recervoir (tabung botol angin untuk keperluan udara start motor induk dan diesel generator, angin suling dan udara pembersih
Tentang Kompressor sudah Dibahas Sebelumnya di :
Prinsip Kerja Kompressor dan Pompa
3. Pompa-pompa yaitu pesawat yang dapat memindahkan cairan fluida ini satu tempat ke tempat lain.
Contoh :
Pompa bahan bakar ME
Pompa minyak lumas
Pompa air tawar / air laut pendingin
Pompa Balast
4. Heat Exchanger :
Pesawat yang dapat mengubah suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah suhu/sebaliknya.
Contoh :
FW Cooler
LO Cooler
Air / inter cooler
Heater
5. FO/LO Treatment :
Pesawat pemisah kotoran dan air untuk membersihan pada bahan bakar dan minyak lumas
6. Auxiliary Boiler : (ketel Uap bantu)
Pesawat yang menghasilkan uap darihasil pembokaran di dapur ketel dengan cara memanaskan air
Contoh :
Pemanasan terhadap TK 2 bahan bakar
Heater for FO service TK
Heater for FO setling TK
Heater for FO double battom TK
Pesawat Yang Membantu Operasi Kerja Kapal Antara Lain :
1. Stering gear : pesawat yang berfungsi untuk mengendalikan kapal saat olah gerak dan berlayar
2. Pesawat –pesawat geladak yaitu : pesawat – pesawat yang berada di deck area ( Deck machineny )
Contoh :
Mesin jangkar
Kapstan / Instalasi
Derek / winch
Pompa muatan ( uap pompa pada kapal Tanker )
Pewawat Bantu Dilihat dari Letaknya
Pesawat bantu yang terletak di kamar mesin
Contoh :
Pompa – pompa
Generator diesel
Oily water separator
Fo/Lo purifier
Fresh water generator
Refrigerating plant (mesin pendingin)
Seawage Treatment
Air compressor dll
Ketahui Apa Saja Yang ada di kamar Mesin Klik : Semua Yang ada di Kamar Mesian
Pesawat bantu yang terletak di deck area ( pesawat geladak )
Contoh :
mesin Jangkar
Mesin Derek ( Boom )
InstaIasi / capstan
Pompa cairan dll
KETEL PIPA AIR ADALAH : Air yang mengalir dalam pipa, sedangkan gas-gas pemanasnya berada di kuar pipa.
KETEL PIPA API ADALAH : Gas-gas yang mengalir dalam pipa sedangkan air yang dipanasi berada diluar pipa sedangkan air yang di hasilkan oleh oil bilge separator
INCENERATOR ADALAH : Mesin pembakar sampa ringan dan oli kotor yang di hasilkan oleh oil bilge separator.
OIL WATER SEPARATOR (OWS) : Alat untuk memisahkan minyak drai air yang ada didalam got waktu pembersihan
EVAPORATOR : Alat untuk menghasilkan/mengubah bentuk dari cair menjadi gas (penguapan).
CONDENSOR : Pesawat yang berguna untuk mengubah bentuk gas menjadi cair
COOLER : Pesawat pendingin yang dapat mendinginkan suhu dengan tanpa mengubah bentukdari zat yang didinginkan.
HEATER : Alat yang di gunakan untuk memanaskan bahan bakar.
PURIFIER : Pesawat yang digunakan untuk membersihkan bahan bakar/minyak lumas dari kotoran yang berupa cair maupun padat dengan cara memberikan gaya ”centrifugal”
BOILER/KETEL : Pesawat yang di gunakan untuk membangkitkan uap yang di gunakan sebagai sumber panas untuk pemanasaN
FRESH WATER GENERATOR : Pesawat yang di gunakan untukmengubah air laut menjadi air tawar
INJEKTOR : Pesawat yang di gunakan untuk mengeluarkan gas atau uap yang tidak dapat di kondensaikan dalam kondensor
MESIN BANTU (AUXILARY ENGINE) : Mesin-mesin yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan juga semua peralatan yang di butuhkan untuk navigator
.
KETEL UAP : Sebuah bejanan yang tertutup yang dapat membentuk uap dengan tekanan lebih besar dari satu atmosfir yaitu dengan memanaskan air ketelyang berat di dalamnya dengan gas-gas pemanas dari hasil pembakaran bahan baker.
APPENDAGE KETEL UAP : Pesawat yang menjamin keamanan ketel untuk mengatur jumlah air ketel dan tekanan uap.
MOTOR TEKANAN TINGGI : Motor dimana pemasukan uapnya berlangsung selama satu langka
UPMOTOR LAT : Sebuah mobil dimana campuran bahan bakar dan udara, (berupa gas) yang mudah menyala di tekan yang sama sampai mempunyai suhu dan tekanan tertentu
.
MESIN DIESEL : Mesin dengan jenis pembakarannya dengan stim penempatan sehingga tekanan kompresi maupun tekanan maksimum pembakaran, getaran dan suara lebih besar dari jenis-jenis motor bakar dalam lainnya
.
MESIN KERJA TUNGGAL : Mesin dengan cara pembakarannya terjadi pada satu sisi dari torak.
MESIN KERJA GANDA : Mesin dengan cara pembakarannya disisi atas dan di sisi bawah dari torak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar