· Jelaskan maksud dan tujuan sistem perawatan dan perbaikan mesin?
Jawab :
o Memahami maksud dan tujuan pemeliharaan permesinan kapal
o Memahami struktur organisasi dan tim kerja
o Memahami rencana perawatan dan perbaikan mesin
o Memahami jadwal dan jurnal kerja
o Memahami cara penggunaan dan penyipanan peralatan kerja dan suku cadang
· Sebutkan jenis2 packing dan dimana packing digunakan?
Jawab :
o Klingrit packing, gunanya : untuk permukaan / flens penerima panas, uap (steam), gas buang (hexos gas) peralatan beban berat.
o Rubber (karet) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan air tawar, air laut.
o Cartoon (karton) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan angin/udara bertekanan, semua katup udara / angin, kompresor.
o Oil (minyak) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan minyak pelumas (lumb oil), minyak bahan bakar (fuel oil)
o Asbestos packing, gunanya: untuk membungkus pipa2 uap panas dan pipa2 gas buang
· Bagian piston yang perlu di ambil ukuranya yaitu?
Jawab :
o Diameter piston antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima posisi) dibandingkan diameter standar berapa minusnya
o Diameter pistos antara port – star board pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima posisi) dibandingkan diameter standar, berapa minusnya
o Lebar alur dudukan piston ring terhadap ketebalan piston ring
o Kelonggaran (Clearance) piston pin bush terhadap piston pin
· Langkah2 dalam overhul ketel uap dalam rangka perawatan adalah?
Jawab :
o Perhatikan permukaan air ketel tetap dijaga normal
o Turunkan tekanan uap secara perlahan – lahan sampai tekanan “0” atm dengan membuka cerat udara / air cook atau membiarkan katup utama terbuka dalam pemakaian lainya
o Setelah tekanan sampai “0” atm, biarkan sekitar 4 (empat) jam untuk pendinginan secara perlahan (cooling down) pada material
o Kemudian air ketel secara perlahan dibuang (blow down) sampai habis dan biarkan beberapa jam sampai ruangan dapur menjadi dingin, sehingga orang dapat bertahan lama berkerja di dalamnya
o Perbaikan (overhul) dapat dilakukan dengan aman.
Sesudah perbaikan (overhul)
- Periksa 1 pastikan katup buang (blow down) sudah ditutup kembali
- Katup uap induk sudah tertutup
- Pengisian air ke dalam ketel uap sampai batas permukaan normal
- Lakukan pemeriksaan kedalam ruangan dapur, pastikan tidak ada kebocoran
- Persiapkan ketel uap mulai berkerja tutup / buka kembali semua perlengkapan ketel uap pada posisi semula
- Buka katup cerat udara (air cook) yang letaknya diatas drum uap (steam drum)
- Mulai membakar dapur dapur ketel uap
· Jelaskan peralatan pencegahan dan perawatan berencana ?
Jawab :
o Untuk memperoleh pengoperasian kapal yang teratur serta meningkatkan keselamatan awak kapal dan peralatannya
o Untuk memperhatikan jenis2 perkerjaan yang paling penting yang menyangkut waktu operasi, sehingga sistem perawatan dapat dilaksanakan secara teliti dan dikembangkan dalam rangka penghematan / pengurangan biaya
o Untuk menjamin kesinambungan perkerjaan perawatan sehingga team work dari engine departmentdapat mengetahui pemersinan yang sudah dab belum dapat perawatan
o Untuk mendapatkan informasi umpan balik yang akurat bagi kantor pusat dalam peningkatan pelayanan, perancangan kapal, dsb
· Kegunaan mesin di bawah ini ?
Jawab :
o Mesin bubut, digunakan untuk:
- Meratakan bagian luar maupun bagian dalam benda kerja yang akan dibentuk
- Membuat ulir arah kekiri / kekanan baik diameter luar maupun dalam pada benda kerja
- Membuat benda kerja berbentuk tirus (conis) yang bersudut tertentu
- Membuat bentuk tertentu, mengikuti bentuk pahat bubut dan gerak putaran mesin
o Mesin bor, digunakan untuk:
- Membuat lubang2 pada benda kerja
- Membuat bentuk2 tertentu berdasarkan ukuran mata bor dan gerak putaran mesin bor
o Mesin skrap, digunakan untuk:
- Meratakan benda kerja yang permukaan datar / plat
- Membuat alur2 pada permukaan yang datar
- Membentuk / meratakan benda kerja yang berbentuk tidak beraturan
- Memotong benda kerja yang tebal
· Sebutkan persiapan apa saja yang diperlukan berhubungan dengan alat kerja di atas kapal ?
Jawab :
o Siapkan material / suku cadang yang akan di ganti atau digunakan
o Siapkan alat2 benda kerja yang akan digunakan
· Pada pelaksanaan kerja (over hul) mesin saat langkah pengukuran apa saja yang perlu
di ukurannya, terangkan bagian2 secara singkat dan jelas ?
Jawab :
o Pengukuran piston :
- Diameter piston antara fore – after pada posisi2 dari atas sampai bawah
- Diameter piston antara port – star board dari atas sampai bwah
- Lebar alur dudukan piston ring (grove ring)terhadap ketebalan piston ring
- Kelonggaran (clearance) piston bush terhadap piston ring
o Pengukuran piston ring :
- Tebal dan tebal piston ring (lama) terhadap tebal / lebar piston ring (baru)
- Jarang antara ujung ring satu sama lain (gap ring) berapa jarak maksimum yang diizinkan
- Clearance ketebalan piston ring terhadap piston grove ring
o Pengukuran silinder liner :
- Diameter liner antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah
- Diameter liner antara port – star board dari atas sampai bawah
- Pastikan semua lubang silinder oil dapat mengeluar minyak pelumas dengan baik
· Pada pemeriksaan kelas survey pada steam boiler / ketel uap, apa saja yang perlu di survey ?
Jawab :
o Gelas penduga, melihat tinggi permukaan air pada drum uap
o Monometer utama, melihat tekanan uap keluar dari katup induk
o Thermometer, melihat suhu gas buang yang keluar dari economizer
o Kaca pengintip pembakaran, memeriksa pembakaran di dalam dapur
o Kaca pengintip gas buang, memeriksa warna gas buang yang keluar
o Katup pengaman, apabila terjadi terjadi tekanan uap lebih akan terbuka sendiri
o Katup balik air pengisian, mencegah air di dalam ketel membalik ke pompa
o Katup cerat udar, membuang udara di dalam uap di dalam pemakaian awal
o Low water level alarm, sinyal / pemberitauan permukaan rendah pada gelas duga
o Katup dan sistem pembilasan udara dan jelaga (soot blow), membersihkan sisa2 pembakaran dan jelaga2 yang belum melekat di dalam pipa dapur
o Selenoid fuel valve, menutup katup bahan bakar masuk dapur atas perintah dari perakitan pengaman sistim elektrik mekanik.
· Jelaskan langkah2 dalam melaksanakan sesudah dan sebelum over hul?
Jawab :
o Sebelum over hul :
- Melapor pada nahkoda bahwa mesin induk akan di perbaiki dan kapal akan di delay pada jangka waktu tertentu
- Apabila di pelabuhan, perlu melapor kepada kantor / perwakilan setempat atau untuk jangka panjang kepada syahbandar
- Menentukan permasalahan / kerusakan yang terjadi pada mesin, data2 dan pengukuran yang lengkap dan jelas
- Melaksanakan persiapan keselamatan kerja
- Membagi tugas kepada setiap masinis dalam grup kerja, rincian perkerjaan dan pengarahan yang jelas
- Persiapan suku cadang yang diperlukan
- Persiapan peralatan untuk over hul dan semua special tools
- Mengukur semua material dengan teliti, analisa dan di catat semua hasil pengukuran
- Selesai pemasangan dilaksanakan pengetesan dilaksanakan pengetesan samai batas maksimum normal
o Setelah over hul :
- Pastiskan hasil running tes berkerja dengan baik, normal dan siap melakukan pelayaran
- Periksa tekanan dan suhu minyak lumas, air pendingin, gas buang, kompresi, udara pembilas, rpm, turbo charge, dll
- Segera laporkan kondisi sebenarnya mesin kepada nahkoda, bahwa kapal siap meneruskan pelayaran
- Membuat berita acara perusakan dan perbaikan mesin
- Membuat laporan penyelesaiaan kepada kantor pusat
- Membuat pengaduan pemintaan suku cadang untuk melengkapi suku cadang yang sudah di pakai
· Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi pada perencanaan perawatan perbaikan di atas
kapal?
Jawab :
o Rencana warisan, rencana kerja yang berdasarkan kondisi mesin yang sudah memerlukan perawatan dan perbaikan
o Rencana kerja prioritas, berdasarkan prioritas mesin yang penting yang lansung berkaitan dengan operasi kapal
o Rencana kerja terencana, berdasarkan jam kerja yang sudah waktunya dilaksanakan perawatan dan perbaikan walaupun mesin masih berkerja dengan baik namun sudah waktu over hul
o Rancana kerja kondisi, berdasarkan kondisi suku cadang yang masih di kapal
o Rencana kerja insidentil, menunggu apabila terjadi kerusakan baru dilaksanakan perawatan dan perbaikan
· Terangkan pengunaan dan penyimpanan dari sparepart alat kerja yang bisa digunakan di atas
kapal ?
Jawab :
o Surat bukti permintaan material dari kapal
o Surat bukti pengirim supply dari kantor yang memuat
o Daftar isi material yang dikirim
o Surat sartifikat Genuine / original dari marker sebagai bukti keaslian
o Material permesinan tersebuat melengkapi supply list
o Daftar inventaris yang rapi, jelas memuat riwayat perjalanan
o Material tersebuat memulai dari pengiriman sampai sampai terpakai habis
o Surat bukti pemakaiaan material per item
o Waktu pengontrol persediaan material (stock card) untuk per item marerial
· Sebutkan apa saja yang perlu di catat di dalam buku harian kamar mesin ?
Jawab :
o Mencatat jam kerja mesin induk (M/E)
o Mencatat jam kerja AE Generator
o Mencatat jam kerja kegiatan petugas jam jaga kamar mesin
o Mencatat jam kerja kegiatan mesin bantu
· Sebutkan pemeriksaan dan perawatan secara umum setiap hari ?
Jawab :
o Pengantian baru pelumas gear box, mesin utama, generator, pompa muatan, pompa pendingin
o Cerat semua katup cerat / drain valve
· Uraikan tugas pengendalian perawatan masinis terakhir di kapal ?
Jawab :
o Perawatan semua pompa2 dan termasuk perawatan dan semua suku cadangnya
o Membantu administrasi kepala kamar mesin dan membuat laporan bulanan
o Melaksanankan tugas jaga jam 08.00 – 12.00 dan 20.00 – 24.00 secara teratur di engine room, pada saat kapal berlayar atau sedang berlabuh
o Melaksanakan perbaikan terencana bersama perkerjaan harian pada saat kapal sedang berlabuh / jangkar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar